10 Memorabilia Termahal di Dunia

gambar berita warta ekonomi - 10 memorabilia termahal di dunia (bagian i)














dasadunia - Menoleh sejenak ke belakang bukan berarti terbelenggu masa lalu. Melalui memorabilia, kenangan sejatinya bisa dimanfaatkan untuk hal-hal positif sebagai sarana untuk mengoptimalkan kapasitas kemanusiaan sehingga lebih kontributif dalam hidup.
Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang. Demikian penggalan sebuah peribahasa perihal warisan perilaku yang ditinggalkan manusia kelak. Tidak peduli apa pun latar belakangnya, apakah itu politikus, ekonom, budayawan, selebritis, atau orang umum sekalipun. Buah pikir dan segala perbuatan manusia yang santun, lazimnya akan dikenang oleh lingkungan dan komunitas tempat  ia tumbuh dan berinteraksi.
Dari ragam profesi yang ada, selebritis mungkin bisa dikatakan sebagai magnet yang paling memikat perhatian banyak orang. Rasanya, hampir tidak ada gerak-gerik mereka yang mengaku selebritis luput dari perhatian publik. Terlebih saat ini, banyak media, khususnya online, selalu membayangi ke mana pun mereka bergerak. Demikian seterusnya siklus itu berputar hingga akhirnya membawa mereka turun dari dunia hiburan dan kemudian meninggalkan dunia.
Pada masa transisi populer-redup-mati itulah lantas muncul kerinduan publik pada sosok-sosok selebritis. Segala sesuatu yang pernah melekat pada tubuh mereka, tiba-tiba menjadi memorabilia (benda-benda kenangan) paling dicari oleh para penggemarnya di seluruh dunia. Aksesori mahabintang yang dahulu dilihat “biasa” oleh para fans, saat ini bisa jadi menjadi barang komersial dengan banderol miliaran dolar AS.
Salah satu memorabilia selebritis dunia teranyar dan paling dicari adalah jaket kulit Michael Jackson. Penyanyi fenomenal Negeri Abang Sam ini memang telah berpulang keharibaan-Nya tiga tahun lalu. Namun, dunia rasanya belum bisa melupakan “King of Pop” satu ini. Ia dikategorikan sebagai salah satu fenomena terbesar musik dunia. Suara beningnya mengalun kompak dengan tampilan fashionholic dan gerakan ajaib kakinya yang seolah-olah seperti berjalan di bulan. Singkatnya, ia adalah superstar.
Fanatisme terhadap sosok idola memang sah-sah saja. Namun, harus diingat juga bahwa fanatisme janganlah lantas membuat perilaku menjadi kurang terkontrol dan tidak rasional. Sebagai penawarnya, tidak ada salahnya jika Anda meluangkan waktu barang sejenak untuk membaca khazanah informasi yang menarik. Dan, Warta Ekonomi tahu apa yang relevan dengan kebutuhan rileks informatif Anda saat ini. Berikut kami tampilkan sepuluh memorabilia selebritas termahal di dunia.

1. Film Memorabilia Debbie Reynolds
Debbie Reynolds adalah artis yang begitu melegenda di tanah Hollywood. Lahir di El Paso pada 1932, Debbie ikut mewarnai layar kaca showbiz Amerika pada dekade 1950-an. Beberapa film yang dibintanginya, antara lain: Three Little Words dan Two Weeks with Love. Selain dunia peran, ia juga dikenal piawai dalam berdendang dan menari. Album The Tammy and Bachelor (1957) menjadi saksi bisu suara emasnya di puncak radio hitlist pada masa itu.
Kini Debbie memang sudah tidak muda lagi. Usianya sudah menginjak sepuluh windu. Namun, aksesori dan peninggalan masa jayanya dulu, seperti poster film, gaun, kostum, parfum, dan sepatu, ternyata masih “digilai dan dicari” para penggemarnya di seluruh dunia. Dalam sebuah lelang beberapa waktu lalu, koleksinya itu laku terjual sebesar US$22 juta atau setara dengan Rp118 miliar. Luar biasa mahal, bukan?

2. Jubah Film Drakula Bela Lugosi
Berada di posisi kedua sebagai memorabilia termahal adalah jubah dalam film drakula yang pernah menghiasi dunia layar lebar tahun 1940-an di Hollywood. Adalah Bela Lugosi aktor yang memerankan tokoh yang lekat sebagai sosok pengisap darah manusia itu. Begitu totalnya Lugosi bermain dalam film itu, sehingga sukses membuatnya banjir pujian dari para kritikus film.
Bukan suatu kebetulan jika Lugosi yang meninggal pada tahun 1956 kemudian dimakamkan dengan menggunakan jubah drakulanya. Lima dasawarsa berselang, keluarga membongkar makam Lugosi untuk menata kembali tempat peristirahatan itu dengan baik. Jubah drakula yang melekat pada rangkanya kemudian dilelang dan, kabarnya, harga jubah hitam ini mencapai US$2 juta.

3. Jaket “Thriller” Michael Jackson
Sudah sedikit disinggung pada narasi pembuka perihal fenomenalnya musisi multitalenta yang satu ini. Semenjak tutup usia tiga tahun lalu, barang-barang pribadi “Raja Pop” ini selalu menjadi buruan penggemar dan kolektor barang-barang antik di seluruh dunia. Salah satunya adalah jaket kulit. Jaket ini pernah ia gunakan untuk promosi album musik Thriller pada 1983. Jaket yang didesain oleh Dennis Tompkins dan Michael Bush ini laku terjual seharga US$1,8 juta di Galeri Lelang Julien, Beverly Hills.

4. Pakaian Balap “Le Mans” Steve McQueen
Bicara tentang film bergenre jagoan-jagoan, Amerika juaranya. Pada tahun 1960-an, Hollywood untuk pertama kalinya membuat terobosan film bergenre action dengan setting sirkuit balap bertajuk Le Mans. Hasilnya luar biasa. Film ini tidak hanya laris menjadi tontonan favorit, tetapi juga sukses mengorbitkan Steve McQueen sebagai bintang layar kaca paling dikagumi para wanita.
Ke-macho-an McQueen dengan jaket kulit yang melekat di tubuhnya benar-benar menjadi pembicaraan seru muda-mudi kala itu. Seolah terbius, mereka saling berlomba-lomba memakai jaket ala McQueen dan berharap akan tertular kepopuleran sang bintang idola. Pada 1971 jaket legendaris ini dilelang di Studio Kolektor Toronto dengan penawaran tertinggi mencapai US$984.000 dan hingga kini masih menjadi memorabilia balap termahal di dunia.

5. Gitar Koleksi Richard Gere
Richard Gere ternyata bukan hanya terkenal sebagai aktor papan atas. Mantan suami model Cindy Crawford ini rupanya diam-diam juga merupakan kolektor gitar mumpuni seperti Gibson Les Pau 960, Gibson Flying, dan beberapa gitar klasik yang dibuat dari kayu mapel. Kabarnya, total koleksi gitar aktor yang dekat dengan Dalai Lama ini mencapai US$936.000.

6. Sepatu “Wizard of Oz” Judy Garland
Inilah sepatu termahal di dunia. Pertama kali digunakan oleh aktris Judy Garland dalam film The Wizard of Oz, alas kaki ini rupanya mampu memikat siapa saja yang melihatnya. Sadar akan nilai historis dan nilai intrinsik yang demikian tinggi, sutradara Steven Spielberg dan Leonardo di Caprio sempat berencana untuk membeli dan menjadikannya koleksi di Museum Hollywood. Namun, apa lacur, sebelum niat mereka terpenuhi, ternyata alas kaki ini telah laku terjual di sebuah tempat pelelangan dengan harga US$612.000 oleh salah satu kolektor anonim.

7. Pispot Lady Gaga
Dunia makin aneh saja. Bayangkan, untuk sebuah bejana penampung air seni, Anda harus merogoh kocek sebesar US$460.000. Wow, mahal sekali, bukan? Usut punya usut, ternyata pemilik pispot tersebut adalah artis fenomenal Lady Gaga. Pispot yang dibubuhi tanda tangan “Mother Monster” ini  bukan untuk penggunaan sebenarnya, melainkan hanya sekadar properti untuk pemotretan semata.

8. Pistol Emas James Bond
Inggris selalu punya ikon pria yang jago investigasi. Setelah Sherlock Holmes, negeri Ratu Elizabeth ini juga sukses melahirkan agen rahasia fiktif yang lebih modern, James Bond. Pria bersandi 007 ini selalu dikisahkan sebagai agen yang sigap, glamor, necis, dan memiliki sex appeal yang tinggi. Satu hal yang tidak pernah ketinggalan, dalam setiap operasinya, ia selalu dibekali senjata khusus yang hanya bisa digunakan oleh dirinya sendiri. Salah satu senjata legendarisnya adalah pistol emas yang dipakai oleh Sean Connery sebagai pemeran James Bond. Beberapa waktu lalu, senjata ini telah laku terjual seharga US$437.000 di balai lelang Christie.

9. Gaun Hitam Marilyn Monroe
Kalau ada pemilihan wanita paling terkenal di dunia setelah Ratu Legendaris Mesir Cleopatra, bisa jadi Marilyn Monroe pemenangnya. Parasnya yang cantik dan penampilannya yang aduhai, membuat dirinya menjadi idaman banyak pria, termasuk, kabarnya, John F. Kennedy (Presiden AS ke-35). Namun sayang, dalam usia emas, 36 tahun, Monroe meninggal dunia. Setelah itu, banyak barang peninggalannya yang kemudian dilelang. Salah satunya adalah gaun hitam yang pernah dikenakan Monroe pada tahun 1958. Gaun ini laku terjual seharga US$348.000.

10. Cincin Pernikahan Marilyn Monroe
Masih tentang Marilyn Monroe. Kali ini, memorabilia termahal datang dari cincin pernikahannya bersama Joe Di Maggio, legenda bisbol Amerika tahun 1950-an. Cincin pernikahan dari atlet peranakan Italia itu terbuat dari platinum yang dihiasi 35 berlian. Namun sayang, pernikahan dua bintang yang bersinar di masanya itu tidak berlangsung lama. Setahun setelah pernikahannya, dua sejoli ini berpisah. Kabarnya, harga cincin pernikahan pengikat kasih keduanya itu mencapai US$300.000 di rumah lelang.


{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar