10 Terowongan Kereta Api Terpanjang di Dunia

Di Indonesia sebenarnya terdapat daerah-daerah strategis yang bisa dibuat terowongan kereta api bawah laut seperti di selat sunda yang menghubungkan pulau Sumatra dan Jawa, yang bisa mempercepat transportasi dari  ibu kota jakarta RI ke kota-kota di pulau Sumatra dan Selat Bali yang menghubungkan pulau Jawa dan Bali.

                                                 

Dengan terhubungnya antara dua sisi terowongan rel terpanjang di dunia yang baru saja selesai di Alpen Swiss, segera menambah daftar terowongan terpanjang di dunia.

Terowongan bisa disebut sebagai keajaiban teknologi, dan bisa membantu untuk membuat perjalanan kita lebih pendek dan juga lebih nyaman.

Berikut ini adalah daftar 10 terowongan kereta api terpanjang di dunia :

10. Vereina Tunnel – Switzerland (19,058 km):


Vereina Tunnel terletak di Swiss Timur, dengan panjang 19,058 km adalah salah satu terowongan kereta api terpanjang di dunia. Ini juga merupakan terowongan kereta api rel tunggal dan jasa RhB Swiss Kereta Api jaringan dan menghubungkan kota-kota Scuol-Tarasp dan Chur.


9. Simplon I & II– Italy/ Switzerland (19,803 km):






Kedua terowongan menyediakan akses ke jaringan Simplon Kereta Api yang menghubungkan kota Swiss Brigjen dengan Domodossola dari Italia sepanjang 19,803 km. 

Karena kedua terowongan hanya memiliki trek tunggal, mereka dikenal sebagai Simplon I & II. Terowongan pertama dibuka pada 1906 dan yang kedua pada 1921


8. Daishimizu Tunnel – Japan (22,2 km):

Dengan panjang 22,2 km, merupakan salah satu dari terowongan Jepang untuk fitur dalam daftar terowongan terpanjang di dunia

Faktor unik dari terowongan ini adalah pada saat menggali, mereka menemukan banyak air alami dan kemudian dijual dalam botol. 

Terowongan ini telah memotong waktu perjalanan antara Nigata dan Tokyo turun sampai dengan satu jam empat puluh menit.


7. Iwate – Ichinohe Tunnel – Japan (25,81 km) :


Konstruksi untuk terowongan sepanjang 25,81 Km ini dimulai tahun 1991 dan dibuka untuk umum pada tahun 2002. Setelah melewati medan berbukit, terowongan ini menghubungkan Tokyo dengan Aomori. Kedalaman maksimum dari terowongan ini adalah sekitar 200 meter.


6. Taihang Tunnel – China (27,848 km):

Sebuah terowongan double track, terowongan ini selesai pada bulan Desember 2007. Dibangun untuk Penumpang Kereta Api Shitai, ini menghubungkan ibukota provinsi Hebei, Shijiazhuang dengan Taiyuan, ibukota provinsi Shanxi. Panjang Terowongan itu adalah 27,848 km.


5. Guadarrama Rail Tunnel – Spain (28,4 km):




Guadarrama Rail Tunnel adalah terowongan kereta api yang menghubungkan Madrid dan Valladolid, yang merupaka rel kereta api kecepatan tinggi, dengan panjang 28,4 km. Terowongan ini memiliki dua tabung, dan merupakan terowongan rel terpanjang di Spanyol.

  
4. Loetschberg Tunnel – Switzerland (34,57 km):






Loetschberg Tunnel merupakan terowongan kereta api yang memiliki panjang 34,57 km, menghubungkan Frutigen, Berne dan Raron. Terowongan ini dapat menampung baik kereta penumpang dan kereta barang. 

Bagi wisatawan Jerman bepergian ke resor ski Swiss, terowongan ini telah berjasa besar karena memotong waktu perjalanan mereka menjadi setengah perjalanan sebelumnya.


3. Channel Tunnel – England and France (49,9 km):








Terowongan Channel memberikan link rel sangat nyaman antara Inggris dan Perancis, melalui jalur kereta api di bawah dasar laut. Dengan panjang 49,9 km dan bagian sepanjang 37,9 km berada di bawah laut, sehingga membuatnya terowongan bawah laut ini menjadi salah satu yang terpanjang di dunia.

Terowongan Channel berada di bawah Selat Inggris (tepatnya di Selat Dover) yang menghubungkan Cheriton, Kent, di Britania Raya, dan Coquelles dekat Calais di utara Perancis.
Proyek berbiaya besar ini awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun pada 1994.

Saat ini, sebelum Gotthard Base Tunnel dibuka, Channel merupakan terowongan rel terpanjang kedua di dunia setelah Terowongan Seikan di Jepang. Terowongan ini dioperasikan oleh Eurotunnel plc. Chunnel - dimana Chunnel adalah kependekan dari The Channel Tunnel

2. Seikan Rail Tunnel – Japan (53,8 km):









Dengan panjang 53,8 km, rekor untuk terowongan rel terpanjang di dunia sejauh ini telah dicapai oleh Rail Seikan Tunnel yang menghubungkan pulau Honshu ke pulau Hokkaido. Terowongan ini dibuka pada 1988, dan memiliki hamparan 23,5 km yang telah dibangun di bawah dasar laut (Selat Tsugaru). Ini juga merupakan terowongan rel terdalam di dunia.

1. Gotthard Base Tunnel – Swiss Alps (57 km):









Gotthard Base Tunnel akan dibuka hanya untuk lalu lintas kereta api pada tahun 2017. Terowongan Gotthard merupakan terowongan kereta api dibawah Alpen di Swiss . Terowongan ini akan menghubungkan dua desa di kedua sisi pegunungan Gotthard, dan telah digali 2000m di bawah pegunungan.

Dengan panjang 57 km (35,4 mil), terowongan itu akan menjadi bagian penting dari jaringan yang menghubungkan Eropa Utara dengan Eropa tenggara. Total panjang dari terowongan, lubang dan bagian-bagiannya 151,84 km (94,3 mil). Terowongan rel ini akan menjadi terpanjang di dunia, melebihi terowongan bawah laut Seikan di Jepang.


-


{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar